Info Sekolah
Thursday, 20 Jun 2024
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Benchmarking ke Poltek Astra

Diterbitkan : - Kategori : Humas / Kegiatan Sekolah / Kurikulum

Pelaksanaan dari proses perbaikan  biasanya digunakan dalam manajemen mutu/manajemen strategis dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal. Proses tersebut akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja suatu organisasi agar organisasi tersebut tetap kompetitif dan produktif seiring dengan semakin ketatnya persaingan sesama perusahaan sejenis.

SMK merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu. Siswa dapat melanjutkan pendidikan SMK setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama atau sederajat. Masa studi siswa jenjang SMK dilaksanakan selama tiga sampai empat tahun. SMK yang menerapkan masa studi pembelajaran selama empat tahun, yang terbagi menjadi tiga tahun masa studi di sekolah dan satu tahun di industri jurusan terkait. [1]

Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Peserta didik pada perguruan tinggi disebut dengan mahasiswa, sedangkan tenaga pendidiknya disebut dosen.

Berdasarkan penyelenggaranya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua, yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh pemerintah dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN) yang diselenggarakan oleh masyarakat. Di Indonesia, perguruan tinggi memiliki beberapa bentuk yakni, universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan akademi komunitas.

Perguruan Tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya dengan tetap mengacu pada Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun pengelolaannya dilaksanakan berdasarkan prinsip akuntabilitas, transparansi, nirlaba, penjaminan mutu, dan efektivitas dan efisiensi. [2]

 

Politeknik Astra

Politeknik Astra merupakan sebuah politeknik swasta yang merupakan karya Astra untuk kemajuan industri nasional dan kesejahteraan bangsa. Politeknik Astra yang sebelumnya dikenal dengan nama Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) adalah institusi pendidikan tinggi strata pendidikan Diploma 3 yang berada di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), satu dari sembilan yayasan yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk. Politeknik Astra didirikan di Jakarta pada tahun 1995 oleh PT Federal motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor (PT AHM) dengan nama Akademi Teknik Federal yang berada di bawah naungan Yayasan Federal Bina Ilmu, pada tahun 2001 berganti nama menjadi Politeknik Manufaktur Astra atau lebih dikenal dengan Polman Astra. Dan sejak 21 April 2021 Politeknik Manufaktur Astra resmi berganti nama  menjadi Politeknik Astra. Politeknik Astra memiliki visi menjadi institusi pendidikan tinggi vokasi terdepan dalam menghasilkan lulusan berkompetensi dengan standar internasional dan pengembangan teknologi terapan yang relevan dengan industry kini dan masa mendatang. Sedangkan misinya adalah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi yang mengimplementasikan pengembangan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat, menyiapkan lulusan yang berkompetensi dan memiliki daya saing global, berkarakter dan memiliki kutur pembelajaran seumur hidup untuk memberikan konstribusi terbaik bagi masyarakat dan industri, mengembangkan solusi teknologi unggul yang bermanfaat untuk mengembangkan kemajuan industri, menciptakan lingkungan pembelajaran kreatif yang mendorong pencapaian akademis yang unggul.

Saat ini Politeknik Astra memiliki 6 program studi antara lain Teknik Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPPM), Manajemen Informatika (MI), Mesin Otomotif (MO), Mekatronika (MK) dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG). Sejak tahun 2009 sebagai bagian dari program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, Politeknik Astra hingga saat ini  telah memberikan kesempatan kepada lebih dari 800 mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa melalui Program Beasiswa Prestasi Astra, dan tahun 2021 ini disalurkan total Beasiswa Astra sebesar Rp. 8,6 Milyar. Proses seleksi dijalankan dengan ketat agar memastikan pemberian beasiswa ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.


Hasil yang didapat

Bechmarking merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemajuan satuan pendidikan khususnya SMKN 1 Indralaya Utara, dengan cara melalukan koreksi atau intropeksi terhadap yang ada di dalam kita dengan sekolah atau universitas yang menjadi pembanding. Setelah melakukan kegiatan benchmarking, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam sistem pembelajaran yang lakukan baik dalam cara mengajar atau sisi kecukupan peralatan terkait kami sebagai sekolah kejuruan yang berfokus bahwa pada hasil akhir nanti siswa dapatlangsung terjung kelapangan untuk dapat bekerja sesuai jurusannnya masing-masing.

Dalam hal ini juga kami mengetahui peran dan dukungan dari industri sangat dibutuhkan karena pada akhirnya juga siswa yang lulus akan bekerja disana, sehingga kurikulum yang ada diseklah harus bisa mengikuti atau setidaknya mendekati dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan atau industri.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena menyambut kami dengan sambutan yang menyambut dan hangat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar