Info Sekolah
Monday, 04 Mar 2024
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Bencmarking ke SMK Negeri 4 Jakarta dalam rangka SMK Pusat Keunggulan 2022

Diterbitkan : - Kategori : Humas / Kegiatan Sekolah / Kurikulum

Pelaksanaan dari proses perbaikan  biasanya digunakan dalam manajemen mutu/manajemen strategis dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal.

Proses tersebut akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja suatu organisasi agar organisasi tersebut tetap kompetitif dan produktif seiring dengan semakin ketatnya persaingan sesama perusahaan sejenis.

Benchmarking dalam lingkup pendidikan merupakan suatu aktivitas di mana suatu organisasi (sekolah) mengadakan evaluasi diri secara terus menerus, dengan membandingkan dirinya dengan organisasi (sekolah) lain yang terbaik, sehingga organisasi (sekolah) tersebut dapat mengidentifikasi, mengadopsi dan mengaplikasikan praktik-praktik yang lebih baik secara signifikan. Dengan kata lain, praktik-praktik yang telah dilakukan oleh organisasi (sekolah) terbaik tersebut digunakan sebagai patokan (benchmark atau patok duga) atau standar kinerja normatif oleh organisasi (sekolah) yang ingin memperbaikinya.

Pada hari Jum’at, 18 November 2022, sehubungan dengan rangkaian kegiatan SMK Pusat Keunggulan pada bagian akhir kegiatan maka dilaksanakan kegiatan benchmarking kepada SMK PK yang telah terlebih dahulu menjadi SMK yaitu dengan dilaksanakan kegiatan bencmarking ke SMKN 4 Jakarta yang dinilai menjadi SMK yang cocok untuk melakukan benchmarking, Teknik Pemesinan menjadi jurusan pusat keunggulan yang diunggulkan dari SMKN 4 Jakarta, dan memiliki 10 paket keahlian, dan memiliki 3 paket keahlian yang sama dengan SMKN 1 Indralaya Utara, yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Elektronikan Industri.

Kegiatan ini dibuka dengan perkenalan Tim Managemen SMKN 1 Indralaya Utara dan SMKN 4 Jakarta, dilanjutkan dengan pemaran dari kepala sekolah SMKN 4 Jakarta mengenai kondisi sekolahnya terkait profil sekolah, sistem pembelajaran, guru dan tenaga kependidikan, kompetensi keahlian dan prestasi-prestasi yang telah diraih.

Terkait Bursa Kerja Khusus, SMKN 4 Jakarta telah bekerja sama dengan beberapa industri-industri besar yang ada di Jakarta dan selalu berkala berkunjung ke industri untuk melakukan penyesuaian terkait pembelajaran dan teknologi yang digunakan di industri, karena perkembangan teknologi semakin tahun semakin cepat berkembang sehingga sekolah perlu melakukan penyesuaian terhadap kurikulum nya. Agar lulusan dapat mudah diserap industri.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar