Info Sekolah
Sunday, 25 Sep 2022
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Workshop Perancangan IKM dan Pengembangan Media Pembelajaran

Diterbitkan : - Kategori : Info Dinas / Kegiatan Sekolah / Kesiswaan / Kurikulum / tei / tkj / tkro

Agenda SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022

Melanjutkan rangkaian kegiatan Sekolah Pusat Keunggulan, SMK Negeri 1 Indralaya Utara mengadakan pelatihan selama 2 hari yaitu Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran. Workshop ini dipandu oleh Tim Komite Pembelajaran SMK Negeri 1 Indralaya Utara, sharing pengalaman dan pengetahuan diantara sesama guru SMK Negeri 1 Indralaya Utara mengenai pemanfaatan aplikasi canva for education dalam pembuatan media pembelajaran yang kreatif dan juga interaktif.

Pemanfaatan Aplikasi Canva

Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat proses pembelajaran di kelas terasa lebih nyaman bagi murid, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah agar materi yang disampaikan menjadi menarik ialah membuat media pembelajaran yang interaktif. Sejumlah aplikasi dapat dimanfaatkan oleh guru dalam membuat media pembelajaran yang interaktif, contoh media pembelajaran interaktif yang populer saat ini adalah video pembelajaran, games digital, buku digital, power point dan lain sebagainya.

Aplikasi Canva, guru dapat memanfaatkan aplikasi canva untuk membuat media pembelajaran, seperrti membuat infografis, rangkuman materi, template presentasi, thumbnail youtube dan lainnya. Kelebihan aplikasi canva  adalah telah tersedia template berdasarkan kategori-kategori tertentu. Ada 7 kategori yaitu media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event dan iklan.

Guru tinggal memilih tempalte mana yang paling cocok untuk media pembelajaran yang ingin dibuat berdasarkan materi dan karakteristik siswa Di akhir kegiatan workshop ini guru ditugaskan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang interaktif yang bisa langsung di implementasikan dalam proses pembelajaran kepada siswa dikelas, sehingga dapat dievaluasi pemilihan media pembelajaran yang tepat digunakan, karena setiap siswa terdapat perbedaan dengan situasi dan kebiasan pada kelas lainnya.

Potret Kegiatan

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar