Info Sekolah
Friday, 26 Jul 2024
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Program Penanggulangan Gangguan Refraksi Bagi Siswa (PENGGARIS)

Diterbitkan : - Kategori : Info Dinas / Kegiatan Sekolah / Kesiswaan
Pemeriksaan Ganggunan Refraksi Mata oleh Petugas Rumah Sakit Khusus mata

Rabu, 27 Juli 2022

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sangat mendukung Program Penanggulangan Gangguan Refraksi Bagi Siswa (PENGGARIS) yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melalui Rumah Sakit Khusus Mata, SMK Negeri 1 Indralaya Utara menjadi salah satu sekolah yang didatangi untuk pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis bagi yang terindikasi untuk menggunakan kacamata.


Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mengidentifikasi peserta didik SMKN 1 Indralaya Utara yang mempunyai keluhan kabur yaitu dengan cara menutup salah satu mata kiri atau kanan atau sebaliknya untuk melihat tulisan dari jauh apakah ada penurunan ketajaman penglihatan atau tidak.

Apa itu Kelainan atau Gangguan Refraksi???

Kelainan atau Gangguan Refraksi adalah kondisi di mana cahaya yang masuk ke dalam mata tidak dapat difokuskan dengan jelas. Hal ini membuat bayangan benda terlihat buram atau tidak tajam. Penyebabnya bisa karena panjang bola mata terlalu panjang atau bahkan terlalu pendek, perubahan bentuk kornea, dan penuaan lensa mata.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sebanyak 253 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan penglihatan, 36 juta mengalami kebutaan dan 217 juta mengalami gangguan penglihatan sedang hingga berat. Angka ini menunjukkan tingginya kejadian kelainan refraksi di sekitar kita. (sumber : http://p2ptm.kemkes.go.id/)

Potret Kegiatan

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar