Info Sekolah
Monday, 04 Mar 2024
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Pelepasan Siswa dalam Praktek Kerja Lapangan TP 2021/2022

Diterbitkan : - Kategori : Humas / Kegiatan Sekolah / Kesiswaan / tei / tkj / tkro

Selasa, 28 Juni 2022, di Lapangan SMK Negeri 1 Indralaya Utara diselenggarakan kegiatan pelepasan siswa-siswi untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL), Praktik Kerja Lapangan (PKL) dulunya dikenal sebagai PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yaitu Bentuk implementasi secara sistematis dan tersinkronisasi antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan yang ada di dunia kerja, PKL merupakan suatu proses pembelajaran dan pelatihan secara praktis dalam bidang kompetensinya masing-masing, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang nyata bagi peserta didik tentang lingkungan kerja, etos dan budaya kerja yang belum dapat disampaikan sepenuhnya di sekolah. Dari pengalaman Praktek Kerja Industri (PKL) ini diharapkan peserta didik mendapatkan keterampilan hidup yang akan berguna bagi perkembangan dirinya dimasa yang akan datang.

Kegiatan pelepasan ini dilakukan langsung oleh Kepala Sekolah, ibu Dra. Yessy Sridia Eka Putri, M.Si (Kepala Sekolah SMKN 1 Indralaya Utara) Kemudian dilanjutkan dengan pembagian buku jurnal PKL secara simbolis oleh ketua program keahlian TKJ, TEI, dan TKR kepada perwakilan siswa. Kegiatan ini ditutup dengan pertemuan siswa dengan guru pembimbingnya masing-masing.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan memiliki Tujuan yaitu sebagai berikut:

  • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenal dan mengetahui tentang dunia kerja dan industri
  • Menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh dari sekolah untuk di terapkan di dunia industri
  • Meningkatkan hubungan kerjasama antara pihak sekolah dan instansi terkait
  • Memperoleh wawasan tentang dunia kerja dan industri
  • Dapat memahami konsep non akademis seperti etika kerja, profesionalitas kerja, disiplin kerja dll

Kemudian dari kegiatan Praktek kerja Lapangan akan mendatangkan manfaat yaitu :

  • Bagi Siswa
    • Siswa mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan yang digunakan sebgai tempat praktek. Melalui kegiatan inilah siswa akan mendapatkan sebuah bentuk pengalaman nyata serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja. Selain itu siswa juga akan mempunyai rasa tanggung jawab dalam melaksakan pekerjaan dan menjaga profesinya
  • Bagi Sekolah
    • Sekolah akan memiliki hubungan kerja sama dengan perusahaan, sehingga akan terjadi link and match kurikulum sehingga pelajaran yang akan dipelajari di sekolah akan menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dunia kerja dan industri sekarang.
  • Bagi Tempat Praktek Kerja Lapangan
    • Perusahaan dapat memenuhi salah satu kewajibannya dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia yaitu dengan menjadi tempat praktik siswa melakukan kegiatan belajar fokusnya dalam kerja yang sesungguhnya di perusahaan kemudian perusahaan dapat memenuhi tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis untuk membantu operasional perusahaan tersebu. Selain itu Praktek Kerja Lapangan yang di dapat dari siswa tersebut dapat digunakan sebgai sumber informasi mengenai situasi umum perusahaan tersebut.

Referensi :

proactiveducation.com

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar