Info Sekolah
Friday, 26 Jul 2024
  • Selamat datang di website resmi SMK Negeri 1 Indralaya Utara

Upacara peringatan Hari Guru Nasional SMKN 1 Indralaya Utara

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru Nasional. Hari guru nasional merupakan sebuah peringatan agar kita bisa lebih menghargai jasa guru dan guru kita. Guru dapat diartikan sebagai mereka yang memiliki pekerjaan sebagai seorang yang mengajar. Hari guru nasional dicetuskan pada tahun 1994 berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga di UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, perkumpulan guru sudah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1912, waktu itu persatuan guru indonesia masih bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Pada tahun 1932 PGHB berubah nama menjadi Persatuan guru Indonesia (PGI) tujuannya adalah agar lebih mencerminkan semangat nasionalisme, cinta tanah air dan kebangsaan Indonesia dan pada tanggal 25 November 1945, PGI kembali berubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia atau yang sering disingkat dengan PGRI namun pada tahun itu PGRI belum diresmikan oleh pemerintah sebagai salah satu hari besar nasional. Hingga pada tahun 1994, hari guru nasional resmi diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan hari guru nasional ini juga untuk mengenang perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Maka dari itu peringatan hari guru ini penting juga untuk diimplementasikan oleh siswa atau sebuah lembaga pendidikan, karena memang hari guru ini memiliki makna sebagai bentuk penghormatan kepada para guru yang sudah mengajar selama ini. Implementasi hari guru juga bisa dilaksanakan dengan berbagai macam hal, yang umum biasanya sekolah tidak meliburkan sekolah, tapi menjadikan sekolah sebagai tempat yang sakral untuk berbagai macam kegiatan seperti upacara bendera sebagai bentuk penghormatan, selain itu juga sekolah biasanya mengadakan berbagai macam cara lain untuk memperingati hari guru nasional, diantaranya adalah : 

  1. Memberikan ucapan terimakasih
  2. Memberikan kado atau hadiah 
  3. Bernyanyi untuk guru
  4. Membuat masakan atau makanan
  5. Berdoa bersama bagi semua guru yang sudah meninggal
 
 

Potret Kegiatan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar